Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template
Diberdayakan oleh Blogger.

Honda C70 Bobber "Berbokong Bahenol"

Surabaya, KompasOtomotif – Di Kustomfest 2013 beberapa waktu lalu di Yogyakarta, Roland Sands, builder Amerika Serikat yang juga menjadi salah satu juri, mengatakan kepada pengunjung bahwa jika ingin memodifikasi bebek, Indonesialah gudang idenya. Bahkan dia mengatakan sering melontarkan pernyataan tersebut dalam event-event modifikasi lain di berbagai negara.

Roland memang jeli. Menurutnya ide memodifikasi sepeda motor jenis cub atau bebek di Indonesia tak pernah habis, karena negara ini sangat akrab dengannya. ”Saya sudah lama melihat perkembangan modifikasi di Indonesia. Saat melihat langsung, sungguh luar biasa karya para builder. Modifikasi cub (bebek) di sini saya rasa paling kreatif di dunia,” katanya.

Pada kenyataannya, bebek memang alat untuk modifikasi paling terjangkau. Mungkin salah satu yang dimaksud Roland adalah rombakan milik Jonathan Evan dari Minority Custom Surabaya. ”Buyutnya” bebek, Honda C70 lansiran 1980 berubah takdir dari sepeda motor pendiam menjadi petarung ugal-ugalan.
Sorot MataThe Eyes”, begitu Jon menamai sepeda motornya, diambil dari grafis yang menempel pada bodi dengan gambar kepala manusia dengan sorot mata yang tajam. Kendati demikian, daya tarik sesungguhnya bukan di situ. Ubahan dari bebek menjadi Bobber yang pendek-pendek menjadi pembeda.

Setang asli dicopot, plus peranti-peranti lain yang ikut di dalamnya. Dia lantas mengganti dengan setang Honda Monkey yang dipasang terbalik dengan penambahan suspensi dari sepeda anak-anak. Alhasil, posisi duduk pengendara membungkuk ditopang jok berdesain baru hasil pemangkasan bodi belakang.
BahenolKesan yang ditampilkan pun jadi kuat ketika lengan ayun asli dicopot dan diganti kustom yang lebih rigid. Lebarnya juga ditambah, menggunakan pipa besi diameter 25,4 mm untuk mengapit roda bagian belakang berukuran besar, 130/90 ring 17 inci. Ini menegaskan aliran bobber yang dipilih dengan pantat lebih bahenol.

Pemangkasan bodi dan rangka itu ternyata juga punya tujuan lain, menghilangkan bobot yang tak perlu agar mesin mampu mengerahkan tenaga lebih maksimal. Selebihnya, performa ditambah sedikit dnegan karburator lebih besar, dan pipa gas buang kustom.

Penarik perhaian datang dari persneling yang tak lagi memindahkan gigi dari kaki, tetapi ditransfer menggunakan tongkat seperti mobil gaya sequential. Tinggal menggerakkan maju untuk menambah gigi dan mundur untuk mengurangi gigi. Cerdas!
Terima kasih telah membaca artikel tentang Honda C70 Bobber "Berbokong Bahenol" di blog Sweet Paiiberry jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template